tractive effort isuzu giga fvz

TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA FVZ

Tractive Effort Isuzu GIGA FVZ – taukah anda apa itu Tractive Effort , adalah Gaya Tarik suatu kendaraan atau kemampuan suatu kendaraan berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dengan membawa beban muatan, tentunya kita bertanya apakah kendaraan tersebut dapat melakukan tugasnya dengan baik sesuai spesifikasi yang di sarankan.

Dan bagaimana kita dapat tau kemampuan Tractive Effort suatu kendaraan …? baiklah kita akan mancari tau dengan perhitngan di atas kertas dan ternyata caranya sangatlah mudah. kita bisa menghitung sendiri Tractive Effort kendaraan atau Armada ISUZU kita dengan data yang terlihat di Brosure dan kita dapat menghitungnya.

Nah, tractive effort sendiri adalah gaya yang dihasilkan oleh torsi mesin ISUZU yang diteruskan melalui kopling, transmisi, poros propeller, poros belakang, roda dan ban, sehingga kendaraan bisa melalui hambatan jalan.

Ada beberapa hal yang berpengaruh pada tractive effort, yaitu:
Torsi Mesin
Transmisi
Rear axle
Ukuran ban
Semakin besar torsi yang dihasilkan mesin, maka lebih besar kemampuan kendaran untuk bergerak. Namun, torsi tidak bisa bergerak secara sendirian. Torsi yang dihasilkan mesin akan dilipatgandakan dengan gigi transmisi dan gigi gardan. Gigi ini berfungsi seperti tuas pengungkit, semakin besar perbandingan gigi semakin besar torsi yang dihasilkan.

MENGHITUNG TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA FVZ

Kekuatan tractive effort dapat dihitung dengan cara:

tractive effort isuzu giga fvz

Untuk lebih mudah dimengerti, mari kita lihat contoh perhitungan tractive effort Isuzu GIGA FVZ N HP 285 PS pada transmisi 1 percepatan.

tractive effort

Namun ada sedikit perbedaan dalam membaca ukuran ban untuk kendaraan angkutan penumpang (NLR B, Mu-X & D-Max), yaitu:

TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA FVZ

HAMBATAN JALAN

Ketika kendaraan berjalan, kita harus memastikan apakah kendaraan mampu melewati kondisi atau hambatan tersebut. Hambatan dipengaruhi oleh beberapa Faktor diantaranya :

ROLING RESISTANCE

Adalah hambatan terhadap permukaan jalan. Jalan yang permukaan lebih kasar atau tidak rata seperti jalan berlumpur dan berkrikil, tentu saja hambatannya akan lebih besar dibanding jalan yang beraspal.

Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa hambatan kondisi jalan diukur dalam KG per 1.000 KG berat kendaraan (GVW):
Pasir kering 250 KG
Jalan batu kerikil 130 KG
Jalan batu tidak rata 80 KG
Jalan batu yang diratakan 30 KG
Jalan aspal/beton 10 KG

GRADE RESISTANCE

Adalah hambatan terhadap kemiringan jalan. Mencari grade resistance dapat dilakukan dengan cara mengalikan persentase kemiringan jalan dengan GVW kendaraan.

Ada beberapa cara untuk mencari persentase kemiringan, yaitu:
Cara pertama adalah untuk melihat lereng jalan. Membagi antara tinggi kemiringan dan panjang lereng. Misalnya, jika tinggi kemiringan adalah 9 meter dan panjang lereng adalah 150 meter, maka % grade resistance adalah (9 ÷ 150) x 100% = 6%
Cara kedua adalah memakai aplikasi Google Earth yang dapat memberi informasi tentang kondisi elevasi jalan.

TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA FVZ

Setelah mendapatkan persentase kemiringan, hasilnya akan dikalikan dengan berat total kendaraan. Sebagai contoh, ISUZU GIGA FVZ N HP mempunyai GVW 26.000 kg. Jika kemiringan jalan adalah 6%, maka perhitungan grade resistance adalah 26.000 kg x 6 % = 1560 kg.

AIR RESISTANCE

Adalah hambatan terhadap angin. Truk Isuzu sudah mempertimbangkan hambatan ini, sehingga desain cabin Isuzu yang berbentuk hexapod berfungsi sebagai aerodynamic untuk mengurangi air resistance.

Tractive Force > Total Hambatan
Supaya kendaraan bisa melewati suatu jalan, gaya tariknya harus melebihi hambatan tersebut. Tractive force akan membantu estimasi gigi percepatan yang tepat agar perjalanan bisa lebih cepat dan efisien.

Contoh
Anda mempunyai kendaraan GIGA FVZ N HP dengan total berat 26.000 kg. Ketika perjalanan Anda dari Padang ke Solok, Anda akan melewati tanjakan Sitinjau Lauik yang sudah terkenal curam. Untuk menghitung kemiringan jalan jalur Sitinjau Lauik, kita bisa memetakan perjalanan kita dari Padang ke Solok lewat aplikasi Google Earth sebagai berikut:

TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA FVZ

Total Hambatan = Rolling Resistance + Grade Resistance

Rolling Resistance pada jalan asphalt = 10 kg X ( 26.000 kg / 1000) = 260 kg

Grade Resistance dengan kemiringan jalan 17,6% = 17,6% x 26.000 kg= 4.576 kg

Total Hambatan = 4.567 + 260 = 4.836 kg

TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA FVZ

TRACTIVE EFFORT ISUZU GIGA

Isuzu Giga FVZ menghasilkan tractive effort 6110 kg pada gigi 2, yaitu lebih tinggi dibanding hambatan dengan berat total kendaraan 26.000 kg. Dengan mengetahui gigi percepatan yang benar, kinerja mesin akan lebih optimal.

ahmad suroso
ahmad suroso
Articles: 79